Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di UPTD SMP Negeri 30 Padang

Bustami, Bustami (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di UPTD SMP Negeri 30 Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT OKE.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 30 Padang. Peneliti menggunakan penelitian lapangan (Field Research) sebagai jenis penelitian dengan wilayah pada lokasi berada di Masyarakat yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu mencakup kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik, serta murid di UPTD SMP Negeri 30 Padang dengan teknik Snowball sampling dalam menentukan informan. Data sekunder didapatkan melalui arsip perihal implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran PAI di UPTD SMP Negeri 30 Padang. Penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan tesis ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang mengungkapkan fakta yang ada dilapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan hal-hal yang yang diteliti sebagai adanya dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang memakai tiga jalur aktivitas yakni: mereduksi data, menyajikannya, serta menarik kesimpulan. Hasil analisis pada penelitian ini adalah implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di UPTD SMP Negeri 30 Padang mempunyai ketetapan yaitu: dinilai telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan petunujuk dalam pelaksanaannya. Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti dalam kurikulum merdeka ada beberapa tahap yang dilakukan yaitu, analisis Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan merencanakan asesmen awal serta merancang modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di UPTD SMP Negeri 30 Padang sudah dilaksanakan secara baik, dilihat dari guru menggunakan metode pembelajaran yang beragam yang disesuaikan dengan materi ajar. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran di UPTD SMP Negeri 30 Padang menggunakan pendekatan berdiferesiensi. Media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran juga sudah beragam, seperti menggunakan audio, visual, beraneka sarana dan prasarana yang sangat memadai, dan perpaduan antara pembelajaran intrakurikuler didukung dengan pembelajaran kurikuler melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila. Penilaian pembelajaran yang dilakukam dengan cara menggunakan penilaian formatif untuk menilai proses peserta didik dalam pembelajaran dan penilaian sumatif meliputi tes lisan berupa praktek hafalan atau presentasi, kinerja/proyek berupa penugasan proyek sesuai skill yang dimiliki peserta didik, dan tes tertulis berupa tes materi pelajaran dengan menggunakan quiziz, google form maupun PTS/PA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka,Pendidikan Agama Islam
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:22
Last Modified: 30 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item View Item