Pengaruh Model Numbered Heads Together berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Di SMA N 5 Padang

Nashiruddin, Nashiruddin (2024) Pengaruh Model Numbered Heads Together berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Di SMA N 5 Padang. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Pdang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (795kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V SAMPAI DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa, ini terlihat dari nilai Mid semester 1 kelas XII SMAN 5 Padang tahun ajaran 2023/2024. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan Model Numbered Heads Together berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu: (1) Apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Antara Siswa yang diajarkan dengan Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Canva Dengan Pembelajaran Konvensional (2) Apakah terdapat Perbedaan Keterampilan Komunikasi Siswa Yang diajarkan dengan Model Numbered Heads Together Berbantuan Media Canva dengan Pembelajaran Konvensional (3) Apakah terdapat Pengaruh Keterampilan Komunikasi Siswa Terhadap Hasil Belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah 396 Peserta didik kelas XII SMA N 5 Padang tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XII MIPA 1 dan kelas kontrol XII MIPA 2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan Model Numbered Heads Together berbantuan Media Canva dengan pembelajaran Konvensional. Dengan perhitungan Thitung = 4,944 lebih besar dari Ttabel = 1,994 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil keterampilan komunikasi siswa yang diajarkan dengan Model Numbered Heads Together berbantuan Media Canva dengan pembelajaran Konvensional. Dengan perhitungan Thitung = 7,191 lebih besar dari Ttabel = 1,994 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan komunikasi siswa terhadap hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dengan data pendukung Fhitung = 9.647 lebih besar dari Ftabel = 3.130 pada taraf signifikansi α = 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Heads Together berbantuan Media Canva, hasil belajar siswa, keterampilan komunikasi siswa.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:22
Last Modified: 30 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20923

Actions (login required)

View Item View Item