Motivasi Menulis Karya Jurnalistik di Media Massa Pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang

Andrean, Febri (2024) Motivasi Menulis Karya Jurnalistik di Media Massa Pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Febri Andrean_1912010027_Cover, Surat Pernyataan, Persetujuan Pebimbing, Pengesahan Pnguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (564kB)
[img] Text (BAB I)
Febri Andrean_1912010027_BAB I.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (BAB III)
Febri Andrean_1912010027_BAB III.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Febri Andrean_1912010027_BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text (FullText)
Febri Andrean_1912010027_FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesadaran menulis merupakan kesadaran seseorang untuk menuangkan buah pikiran, ide, dan gagasan dengan mempergunakan rangkaian bahasa tulis yang baik dan benar. Mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis yang baik tidak akan merasa kesusahan untuk menghasilkan sebuah karya tulis, seperti karya tulis jurnalistik. Pada mahasiswa KPI menulis karya jurnalistik merupakan sebuah soft skills yang harus dimiliki untuk mencapai profil lulusan. Namun, masih ada sebagian mahasiswa yang belum menyadari pentingnya menulis bagi mahasiswa Komunikasi penyiaran Islam yang sesuai dengan tinjauan keilmuannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa tinggi dan rendahnya tingkat kesadaran menulis mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam dalam menulis di media massa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi data tentang kesadaran menulis mahasiswa KPI maka diperlukan pendekatan deskriptif. Penelitian dengan pendekatan deskriptif dapat menggambarkan secara sistematis sebuah fakta dan karakteristik suatu objek atau subjek dengan tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan temuan penelitian dari hasil hasil wawancara terlihat bahwa kesadaran menulis karya jurnalistik pada mahasiswa KPI Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang sangat rendah. Faktor penyebab rendahnya kesadaran menulis mahasiswa KPI FDIK UIN Imam Bonjol Padang adalah malas, tidak termotivasi, tidak ada dukungan dari lingkungan, terlalu sibuk bekerja untuk membiayai hidup, terlalu sibuk dengan tugas kuliah, sibuk berorganisasi, dan terlalu sibuk mengerjakan skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kesadaran, Karya Jurnalistik.
Subjects: U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:58
Last Modified: 01 Apr 2024 03:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20861

Actions (login required)

View Item View Item