Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTsN 9 Padang Pariaman

Giara, Mayang Tarurai (2024) Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTsN 9 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Daftar Isi)
ABSTRAK DONE_merged.pdf - Published Version

Download (918kB)
[img] Text (Bab I)
SKRIPSI PDF-1-12.pdf - Published Version

Download (713kB)
[img] Text (Bab III)
SKRIPSI PDF-38-49.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (Bab V sampai Daftar Pustaka)
BAB V .pdf - Published Version

Download (512kB)
[img] Text (Fulltext)
FULL SKRIPSI MAYANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, sehingga suasana belajar tidak menyenangkan baik bagi peserta didik maupun bagi pendidik. Sering ditemukan di kelas bahwa pendidik menguasai materi dengan baik tetapi tidak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Untuk membangkitkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy, model diskursus multy reprecentacy dapat mengaktifkan seluruh kelas karena peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap anggota kelompok diminta untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai persoalan yang telah diberikan oleh pendidik. Lalu melakukan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pelaksanaan penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 9 Padang Pariaman. 2) mengetahui perencanaan penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 9 Padang Pariaman. 3) mengetahui evaluasi penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII di MTsN 9 Padang Pariaman. . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTSN 9 Padang Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 9 Padang Pariaman yaitu pendidik memanfaatkan kelas dengan membentuk peserta didik menjadi beberapa kelompok, kemudian mendiskusikan materi yang dipelajari., Setelah itu peserta didik membahas bersama-sama tentang materi tersebut sehingga terlihat bahwa peserta didik sedang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy. Penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy memberikan banyak pengalaman kepada peserta didik, suasana belajar menjadi menyenangkan dan bervariasi, sehingga peserta didik tidak merasa bosan dan menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Model Diskursus Multy Reprecentacy, SKI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Diskursus Multy Reprecentacy, SKI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Mar 2024 07:36
Last Modified: 31 Mar 2024 07:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20854

Actions (login required)

View Item View Item