Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Handout Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti.

Susanti, Mira (2024) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Handout Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover -Daftar isi)
cover 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I watermark mira.pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III watermark mira.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V watermark mira.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (Full teks skripsi)
full teks skripsi mira 0065 MTK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Lembah Gumanti. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dipilih belum mengembangkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Adapun solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan handout yang dilakukan secara berkelompok. Dalam proses pembelajaran secara berkelompok pendidik tidak hanya berperan sebagai fasilitator seperti pada pembelajaran kooperatif biasa namun, masih berperan sebagai model yang memfasilitasi pengetahuan terlebih dahulu pada tahap mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan menggunakan handout sebelum membimbing peserta didiknya menguasai konsep matematika melalui diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction berbantuan handout lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN 3 Lembah Gumanti. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, sehingga terpilihlah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan teknik analisis data yang dipakai dalam menganalisis hasil tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen adalah 79.52 dan kelas kontrol adalah 70.17. Diperoleh t_tabel = 1,67 dan t_hitung = 2,30 berarti t_hitung > t_tabel, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Direct Instruction berbantuan handout lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Pemahaman Konsep, Handout.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 30 Mar 2024 19:25
Last Modified: 30 Mar 2024 19:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20850

Actions (login required)

View Item View Item