Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok

Susanti, Devi Elsi (2024) Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-daftar isi)
Cover-dftar isi ok.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III (1).pdf - Published Version

Download (908kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi full-text repositori.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah strategi pembelajaran yang digunakan pendidik belum mengaktifkan peseta didik terlihat dari banyaknya peserta didik yang kurang aktif, kurang semangat, dan tidak memiliki keberanian untuk tampil dalam mengemukakan pendapat dalam proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Perumusan masalah dalam penelitan ini adalah “Bagaimana Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Solok”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.3 dan kelas kontrol VIII.4. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang menggunakan strategi problem based learning berbantuan media mind mapping adalah 79,35 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi problem based learning berbantuan media mind mapping adalah 76,77. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada sofware SPSS 16, maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan T hitung > T table yaitu 9,266 > 1,670 artinya Ha yang mengatakan terdapat Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Kota Solok diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 18:03
Last Modified: 30 Mar 2024 18:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20841

Actions (login required)

View Item View Item