Pengembangan E-Modul Discovery Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI MAN 1 Padang Panjang

Khairatul, Hafizah (2024) Pengembangan E-Modul Discovery Learning dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI MAN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
BAB I khairatul hafizah.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Khairatul Hafizah.pdf - Published Version

Download (647kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V Khairatul hafizah.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (cover-Daftar Isi)
cover khairatul hafizah.pdf - Published Version

Download (912kB)
[img] Text (fulltext)
Skipsi full Khairatul Hafizah 1914080029.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan abad 21, yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas atau yang biasa disebut dengan 4C. Namun kenyataan dilapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik Indonesia masih dalam kategori rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kreatif salah satunya bahan ajar atau modul yang digunakan dalam pembelajaran belum mengacu pada keterampilan berpikir kritis dan kreatif, belum berbasis kurikulum merdeka, dan model pembelajaran yang belum mendukung keterampilan berpikir peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, pendidikan harus mampu mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan teknologi informasi dan digital dalam pembelajaran. Pendidik harus menggunakan teknologi digital, salah satunya dengan mengembangkan e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul berbasis Discovery Learning dengan pendekatan STEM yang valid, dan praktis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Fisika Kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas,dan lembar observasi. Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, kelayakan bahasa dan kelayakan konstruksi. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 2 orang pendidik Fisika dan 20 orang peserta didik kelas XI di MAN 1 Padang Panjang. Uji keterlaksanaan model Discovery Learning dengan pendekatan STEM dalam pembelajaran diberikan kepada dua orang observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul berbasis Discovery Learning dengan pendekatan STEM sudah valid, dan praktis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik Fisika SMA/MA Kelas XI. Kevalidan e-modul tersebut mempunyai rata-rata 88,6% dari segi materi, konstruksi dan bahasa dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul tersebut mempunyai nilai rata-rata 91.5% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keterlaksanaan Discovery Learning dengan pendekatan STEM dalam pembelajaran berada dalam kategori “ sebagian besar terlaksana” dan percentages of agreement untuk sesi I berada pada kriteria Good Agreement. Jadi, e-modul yang dikembangkan sudah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Discovery Learning, STEM, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 17:59
Last Modified: 30 Mar 2024 17:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20832

Actions (login required)

View Item View Item