Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Instruction Terhadap Sikap Gotong Royong Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman

Nisah, Pelni Fahrian (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peer Instruction Terhadap Sikap Gotong Royong Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar isi)
PELNI FAHRIAN NISAH_2014010128_PAI_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (728kB)
[img] Text (BAB 1)
PELNI FAHRIAN NISAH_2014010128_PAI_BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (BAB 3)
PELNI FAHRIAN NISAH_2014010128_PAI_BAB III.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (BAB 5- Daftar Pustaka)
PELNI FAHRIAN NISAH_2014010128_PAI_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
PELNI FAHRIAN NISAH_2014010128_PAI_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi karena rendahnya sikap gotong royong belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024. Proses pembelajaran belum optimal karena penggunaan strategi pembelajaran yang belum tepat. Selanjutnya peserta didik belum sepenuhnya menumbuhkan sikap gotong royong dikarenakan keterlibatan bersama yang minim sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran atau tidak berpartisipasi sepenuhnya, kerja sama tim yang tidak maksimal tersebut mengakibatkan kurangnya kolaborasi antar peserta didik, kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya sikap gotong royong yang dapat membantu mereka dalam mencapai kesuksesan belajar bersama – sama, serta kurangnya respek peserta didik terhadap pendapat atau jawaban temannya yang mengakibatkan kontribusi pribadi menjadi terabaikan sehingga dapat menciptakan lingkungan belajar yang kurang kondusif. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis strategi pembelajaran yang saat ini digunakan pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman, (2) untuk mengevaluasi efektivitas strategi peer instruction pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman, dan (3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peer instruction terhadap sikap gotong royong belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif menggunakan metode eksperimen dengan desain one- group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 278 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prasyarat dan uji hipoteisis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest angket sikap gotong royong belajar peserta didik pada kelas kontrol adalah 65,33 dan rata-rata nilai posttest angket sikap 77,03. Berdasarkan uji hipotesis dngan SPSS versi 26 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0 gotong royong belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 0.000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0.000 < 0.05). Oleh karena itu dapat dikatan Ha diterima berarti ada pengaruh positif yang signifikan ketika menggunakan strategi pembelajaran peer instruction terhadap sikap gotong royong belajar peserta didik di kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 1 Batang Anai Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Peer Intraction, sikap Gotong Royong
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:09
Last Modified: 01 Apr 2024 04:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20831

Actions (login required)

View Item View Item