Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 5 Sungai Penuh

Dzikra, Atikah (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Negeri 5 Sungai Penuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
File Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (File Full Text)
File Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya minat dan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terlihat saat guru menjelaskan pelajaran siswa ada yang mengantuk dan bersendagurau saat pembelajaran berlangsuang apalagi jika jam pelajaran terdapat pada waktu sebelum zuhur, pada jam pelajaran tersebut kondisi belajar tidak efektif karena banyak siswa yang mengantuk dan tidak lagi memperhatikan pelajaran. Hal tersebut disebabkan dalam proses pembelajaran hanya berupa teori dan konseptual tanpa adanya pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar sehingganya faktanya banyak menunjukkan bahwa siswa kurang berani mengajukan pertanyaan maupun memberikan masukannya mengenai pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ini yaitu pra-eksperimen. Penelitian ini hanya melibatkan satu kelas yang akan dijadikan kelas eksperimen. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Sungai Penuh Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel diperoleh kelas IX sebagai kelas eksperimen. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan uji-t Paired samples t test dengan data yang terdistribusi normal. Berdasarkan klasifikasi hasil pre-angket kelas eksperimen, dapat dikatakan bahwa gambarah hasil pre-angket minat belajar siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Sungai Penuh pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial didapatkan mean sebesar 89,52 dan post-angket 103,38. Analisis data dilakukan menggunakan Uji-t dengan SPSS versi 27. Berdasarkan analisis Uji-t diketahui sig (2-tailed) yakni (0,001<0,05) hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap minat belajar siswa pada Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Sungai Penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Everyone Is A Teacher Here, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 17:43
Last Modified: 30 Mar 2024 17:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20800

Actions (login required)

View Item View Item