Upaya Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Peserta Didik Kecanduan Game Online di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman

Rahmanesa, Mesy (2024) Upaya Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Peserta Didik Kecanduan Game Online di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Mesy Rahmanesa_1914010032_PAI_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Mesy Rahmanesa_1914010032_PAI_BAB I.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
Mesy Rahmanesa_1914010032_PAI_BAB III.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
Mesy Rahmanesa_1914010032_PAI_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Mesy Rahmanesa_1914010032_PAI_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehadiran internet dalam perkembangan teknologi khususnya permainan dalam jaringan atau sering disebut dengan game online yang marak dimainkan oleh semua orang khususnya sebagian peserta didik di MAN Kota Pariaman. Hal itu memicu pada perubahan sikap dan tingkah laku akibat dampak negatif dari bermain game online tersebut. Sehingga guru bimbingan konseling seharusnya mampu mengatasi peserta didik yang kecanduan game online dengan melakukan pembinaan, arahan , pengawasan serta mengarahkan kepada kegiatan dan hal- hal yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) Upaya Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Peserta Didik Kecanduan Game Online di Madrasah Aliyah Negeri Kota Pariaman. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling dalam mengatasi peserta didik yang kecanduan game online di MAN Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung yang ditujukan kepada guru bimbingan konseling, kepala madrasah, wakil kepesertadidikan, guru pembimbing kegiatan, dan peserta didik yang kecanduan game online, serta peserta didik yang tidak kecanduan game online. Hasil penelitian yang diperoleh, pertama upaya guru bimbingan konseling mengatasi peserta didik kecanduan game online, yaitu dengan melakukan penyitaan, pembinaan, pengarahan dan pengawasan kepada peserta didik yang kecanduan game online dan membuat perjanjian dengan orang tua untuk mengawasi peserta didik diumah, sehingga memberikan efek jera kepada peserta didik kecanduan game online. Setelah melalui tahap kuratif, peserta didik kecanduan game online diarahkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk mengisi waktu luang peserta didik. Adapun faktor pendukung mengatasi peserta didik kecanduan game online di madrasah, 1) guru bimbingan konseling memiliki manajemen pembinaan, dan arahan yang baik yang baik, 2) Adanya tanggung jawab dan komitmen dari kepala sekolah, guru, pembina untuk mengajak peserta didik dan memberikan motivasi kepada kegiatan- kegiatan yang bermanfaat di madrasah sehingga mampu mengasah kepribadian, skill kepemimpinan serta tanggung jawab peserta didik. Adapun faktor penghambat dalam mengatasi peserta didik kecanduan game online yaitu sulitnya mengawasi aktivitas peserta didik di luar madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling, Peserta Didik, Kecanduan Game Online
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Akhlak
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 07:46
Last Modified: 30 Mar 2024 07:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20775

Actions (login required)

View Item View Item