Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus pada Perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2022)

Aulia, Syahara (2024) Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen (Studi Kasus pada Perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2022). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (964kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 .pdf

Download (707kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf

Download (662kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI SYAHARA AULIA_1916040073_TEXT FULL PAGE.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui bukti empiris mengenai Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Likuiditas dan Profitabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2022. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepemilikan institusional, kebijakan hutang, likuiditas dan profitabilitas. Sedangakan variabel dependen yang digunakan yaitu kebijakan dividen. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Sampel dalam penelitian sebanyak 11 perusahaan pada perusahaan sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2022, dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel yang didukung dengan aplikasi Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen kepemilikan institusional, kebijakan hutang, profitabilitas dan likuiditas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan Secara simultan, seluruh variabel independen memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan yang terdaftar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, dan Likuiditas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 31 Mar 2024 14:59
Last Modified: 31 Mar 2024 14:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20771

Actions (login required)

View Item View Item