Kepuasan Siswa terhadap Pelayanan Administrasi Tata Usaha di MTsN 3 Padang Pariaman

Ardini, Aulia Mitha (2024) Kepuasan Siswa terhadap Pelayanan Administrasi Tata Usaha di MTsN 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN DAFTAR ISI)
Aulia Mitha Ardini_1914030013_MPI_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Aulia Mitha Ardini_1914030013_MPI_BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (BAB III)
Aulia Mitha Ardini_1914030013_MPI_BAB III.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
Aulia Mitha Ardini_1914030013_MPI_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Aulia Mitha Ardini_1914030013_MPI_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi bahwa pada prakteknya pelayanan yang diberikan oleh pegawai administrasi tata usaha masih terdapat kekeliruan misalnya dari segi ketepatan waktu pelayanan, ditemukan keterlambatan pegawai dalam memberikan pelayanan administrasi kepada siswa dikarenakan tidak semuanya menguasai komputer. Dilihat dari kesopanan dan keramahan, masih banyak siswa yang tidak mengenali siapa saja pegawai yang bertugas di kantor tata usaha. Dari segi akurasi pelayanan terdapat keterlambatan dalam menyelesaikan keluhan siswa, sistem administrasi yang berbelit-belit (seperti data jadwal pembelajaran siswa, data nilai siswa, data rekap absensi siswa). dan terakhir dari segi atribut pendukung layanan, seperti ruang tunggu yang belum tersedia dan sarana prasarana untuk mendukung proses pelayanan yang belum memadai. Sehingga penulis ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan siswa setelah menerima pelayanan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket atau kuesioner dengan sampel total ditentukan melalui rumus Taro Yaname dan Slovin, sebanyak 80 sampel dari 343 populasi. Analisis data untuk mendapatkan tingkat kepuasan siswa tersebut dengan menentukan kategorisasi menurut Azwar yang mana formulasi dalam pengkategorian kedalam tiga kategori yang disebut dengan skala lima yakni: x < (Mi - 1 SDi)=Rendah, (Mi -1 SDi)≤ x<(Mi+1 SDi)=Sedang, (Mi + 1 SDi) < x=Tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap pelayanan administrasi tata usaha di MTsN 3 Padang Pariaman berada pada kategori sedang. Hal ini dikarenakan kategori sedang memiliki frekuensi terbanyak yakni sejumlah 57 responden dengan presentase 71%. Sedangkan kategori rendah dengan presentase sebesar 15% saja, dan berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 14%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator akurasi pelayanan menjadi faktor masih adanya siswa yang merasa kurang puas sebanyak 9% jawaban dari pernyataan akurasi pelayanan yang diberikan. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa indikator kelengkapan juga berada dikategori kurang puas dimana persentasenya sebanyak 9% jawaban dari pernyataan akurasi pelayanan yang diberikan. Pelayanan administrasi yang diberikan yakni lebih mengarah kepada administrasi kesiswaan diantaranya: penerimaan dan pencatatan murid/ mahasiswa; daftar hadir atau absensi; dokumentasi kelas/ sekolah dan laporan-laporan; pengaturan proses belajar-mengajar; agenda, arsip dan ekspedisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Siswa, Pelayanan Administrasi, Pegawai Tata Usaha
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
L Education > L Education (General)
L Education > LF Individual institutions (Europe)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 06:43
Last Modified: 30 Mar 2024 06:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20693

Actions (login required)

View Item View Item