Problematika Penderita Katarak Dalam Tinjauan Bimbingan Konseling Islam di RT 02 Jl. Tunggang Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang

Khairunnisa, Fatimah (2024) Problematika Penderita Katarak Dalam Tinjauan Bimbingan Konseling Islam di RT 02 Jl. Tunggang Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar isi)
FATIMAH KHAIRUNNISA_181202001_BKI_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
FATIMAH KHAIRUNNISA_181202001_BKI_BAB I.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (BAB III)
FATIMAH KHAIRUNNISA_181202001_BKI_BAB III.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
FATIMAH KHAIRUNNISA_181202001_BKI_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Full Text)
FATIMAH KHAIRUNNISA_181202001_BKI_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang di teliti dalam skripsi ini adalah tentang problematika pribadi dan sosial bagi penderita katarak di RT 02 Jl. Tunggang Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Problematika pribadi meliputi penglihatannya yang kabur sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari, terganggunya pekerjaan, tidak bisa membawa kendaraan, takut untuk berpergian sendiri dan rasa khawatir yang berlebihan. Problematika sosial berkaitan dengan terganggunya perekonomian keluarga, menarik diri dari lingkungan, jarang mengikuti kegiatan di masyarakat, terjadinya perubahan kebiasaan sebelum dan sesudah mengalami katarak serta jarang membangun komunikasi dengan masyarakat sekitar. Problematika pribadi dan sosial yang dimaksud ditinjau dari Bimbingan Konseling Islam. Berdasarkan permasalahan diatas penulis tertarik menelitinya lebih lanjut dalam judul skripsi “Problematika Penderita Katarak Dalam Tinjauan Bimbingan Konseling Islam Di RT 02 Jl. Tunggang Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang”. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian field research. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Analisis ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang memakai teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Problematika pribadi bagi penderita katarak dalam kondisi kesehatan yang tidak stabil, merasa ketakutan dan khawatir, merasa rendah diri, sering merasa pusing, penglihatan yang kabur dan tidak bisa membawa kendaraan di malam hari. Ada diantara penderita katarak ini yang merasa takut untuk melakukan operasi katarak karena masih ada rasa khawatir terhadap operasi katarak; 2) Problematika sosial bagi penderita katarak jarang berkomunikasi dan menjaga silaturahmi dengan masyarakat sekitar. Penderita katarak bersikap tidak ingin tahu terhadap lingkungan luar atau bersikap acuh. Problematika sosial penderita katarak berhubungan erat dengan orang-orang sekitarnya. Karena kodrat kita sudah menjadi makhluk sosial yang mestinya harus menjalin hubungan yang baik dengan makhluk sosial lainnya. Pada penelitian ini dalam tinjauan Bimbingan Konseling Islam sangat berperan penting sebagai bentuk layanan informasi bagi penderita katarak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problematika dan penyakit katarak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 31 Mar 2024 03:42
Last Modified: 31 Mar 2024 03:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20650

Actions (login required)

View Item View Item