Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar Santri di Pesantren Prof Dr hamka Maninjau

Abduh, Muhammad (2024) Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Fikih Terhadap Hasil Belajar Santri di Pesantren Prof Dr hamka Maninjau. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Skripsi Muhammad Abduh)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar santri pada mata pelajaran Fikih kelas VIII tahun 2023/2024 merupakan hal yang melatar belakangi penulisan skripsi ini. Guru belum menggunakan mode yang bervariasi ketika melakukan pembelajaran sehingga santri kurang memperhatikan dan merasa bosan ketika guru menjelaskan materi pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar santri yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran Fikih. Tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran Fikih terhadap hasil belajar santri kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di Pesantren Prof Dr Hamka Maninjau. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh santri kelas VIII MTs Pesantren Prof Dr Hamka Maninjau tahun ajar 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII-B dan kelas kontrol adalah VIII-A. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh menggunakan SPSS 23 for windows diperoleh nilai sig (2-tailed) (0,000 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak yang artinya terdapat pengeruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap peningkatan hasil belajar santri kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di Pesantren Prof Dr Hamka Maninjau. Kata Kunci: Pengaruh, Medel Team Assisted Individualization, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Medel Team Assisted Individualization, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
U Umum (General) > Pendidikan
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat Fitrah
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 05:04
Last Modified: 30 Mar 2024 05:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20603

Actions (login required)

View Item View Item