Peran Guru Penggerak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid di SMP Negeri 7 Padang

'Aini, Zahratul (2024) Peran Guru Penggerak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid di SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (file cover -daftar isi)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V - KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Skripsi.Full)
SKRIPSI.full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh kebiasaan guru kurang memperhatikan kemampuan dan gaya belajar peserta didik. Tujuan umum dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru penggerak mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada murid dari penelitian ini namun adapun tujuan khusus dari penelitian ini : Bagaimana peran guru penggerak dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Padang, Bagaimana peran guru penggerak dalam pembelajaran sosial emosional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Padang, Bagaimana peran guru penggerak dalam praktik coaching pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Padang. Metode Penelitian ini adalah penelitian lapangan jenis penelitian studi kasus dengan pengumpulan data primer dan sekunder menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dirumuskan dalam bentuk kalimat. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa 1) Pada pembelajaran berdiferansiasi yang dilakukan oleh guru penggerak telah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik; 2) Pada pelaksanaan pembelajaran sosial emosional yang dilakukan oleh guru penggerak kepada peserta didik dilakukan dengan cara menerapkan Teknik STOP dan ice breaking, guna mengembalikan fokus dan semangat peserta didik dalam belajar; 3) Pada praktik coaching yang dilakukan oleh guru penggerak dengan cara mengajukan pertanyaan yang berkualitas dan memberi pilihan kepada cochee terhadap masalah yang dialami sehingga solusi dari masalah tersebut berasal dari cochee bukan dari coach.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: guru penggerak, kemampuan murid, gaya belajar murid
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Filsafat
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Mar 2024 04:50
Last Modified: 30 Mar 2024 04:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item View Item