Putra, Zalmi (2024) Pembelajaran Fikih Dengan Model Mastery Learning di Kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
Cover - Daftar Isi Terbaru.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (Full Text)
Skripsi Full Text Terbaru Zalmi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya guru dalam pembelajaran Fikih belum menghadirkan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga peserta didik cenderung bosan. Model pembelajaran yang dipakai oleh guru belum dapat merangsang kreativitas peserta didik, dan dalam pembelajaran Fikih sebagian besar nilai peserta didik berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah efektivitas pembelajaran Fikih dengan model mastery learning di kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengungkap hal hal berikut: 1. Pembelajaran Fikih di kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang dengan metode konvensional. 2. Pembelajaran Fikih di kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang dengan model mastery learning. 3. Perbedaan Hasil Belajar Fikih antara metode konvensional dengan model mastery learning di kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar Fikih pada 2 kelas yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang diperoleh perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model mastery learning dengan metode konvensional pada pembelajaran Fikih, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Hasil pretest kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar 60,9 berada pada kategori rendah. Dan hasil pretest kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar 58,9 berada pada kategori rendah. 2. Hasil posttest kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar 86,2 berada pada kategori tinggi. Dan hasil posttest kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar 84,0 berada pada kategori tinggi. 3. Dalam pengujian hipotesis diperoleh sig a (0,000) < 0,05, maka Ha diterime dan Ho ditolak dan Thitung > Ttabel yaitu 40,871 > 2,018. Sehingga mengatakan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara metode konvensional dan model mastery learning di Kelas VIII MTsS TI Batang Kabung Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, mastery learning, Fikih. |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 03:45 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 03:45 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20320 |
Actions (login required)
View Item |