Nada, Fitroh (2024) Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIIA di MTsN 03 Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dan Daftar Isi)
LAMPIRAN AWAL FIX..pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I. WATERMARK.pdf - Published Version Download (651kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III WATERMARK.pdf - Published Version Download (618kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V WATERMARK.pdf - Published Version Download (185kB) |
|
Text (Full Text)
FITROH NADA_FULLTEXT..pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Latar belakang penulisan skripsi ini ialah dalam kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, kuranganya motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII dan masih ada peserta didik yang kurang aktif dan tidak bisa menjawab ketika ditanya oleh pendidik setelah menerangkan pembelajaran sehingga umpan balik antara pendidik dengan peserta didik kurang terjalin dengan baik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode sosiodrama. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui motivasi belajar akidah akhlak dengan menggunakan metode konvesional pada pembelajaran berdiferensiasi, untuk mengetahui motivasi belajar akidah akhlak dengan menggunakan metode sosiodrama pada pembelajaran berdiferensiasi, dan untuk mengetahui perbedaan penerapan metode sosiodrama terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan kelas yang menggunakan metode konvesional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII Di MTsN 03 Tanah Datar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen (Quasi Experimental). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 03 Tanah Datar tahun 2023/2024 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII A dan kelas kontrol VIII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 25 atau sig (2-tailed) diperoleh sebesar = 0,012 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,012 < 0,05), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dan T hitung > T tabel yaitu 3,633 > 1,675 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, menyatakan bahwa terdapat pengaruh metode sosiodrama terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII A di MTsN 03 Tanah Datar. Dapat dilihat bahwa motivasi belajar peserta didik yang menggunakan metode sosiodrama dalam pembelajaran berdiferensiasi lebih baik daripada metode konvesional (ceramah) atau metode lainnya. Kata Kunci: Pengaruh, Sosiodrama, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Sosiodrama, Akidah Akhlak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 02:19 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 02:19 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20301 |
Actions (login required)
View Item |