Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbantuan Media Question Card Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Ulakan Tapakis

Putri, Rani Tamia (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Berbantuan Media Question Card Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Ulakan Tapakis. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover&daftar isi_Rani Tamia Putri.pdf - Published Version

Download (970kB)
[img] Text (BAB I)
BAB_1_Skripsi_Rani Tamia Putri.pdf - Published Version

Download (643kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_3_Skripsi_Rani Tamia Putri.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V skripsi.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Fulltext)
Rani Tamia Putri_1814010075_fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa minat belajar peserta didik SMA N 1 Ulakan Tapakis saat ini tergolong masih rendah, dibuktikan dengan kurangnya partisipasi peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Peserta didik lebih banyak melakukan kegiatan yang lain diluar materi pembelajaran. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 79. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya minat belajar tersebut adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle berbantua media Question Card pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian tipe post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Ulakan Tapakis tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Randomized Control group only design yaitu penentuan sample dengan cara acak sederhana. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI F.5 dan kelas kontrol adalah kelas XI F.1. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) minat belajar peserta didik pada kelas eksperimen meningkat atau lebih besar daripada kelas kontrol dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan perbedaan yang cukup signifikan, jawaban angket minat belajar peserta didik pada kelas XI F.5 sebagai kelas eksperimen menunjukkan nilai tertinggi adalah 88, nilai terendah 65 dan nilai rata-ratanya 74,7 dengan jumlah total 2241. (2) Strategi pembelajaran crossword puzzle yang peneliti terapkan pada penelitian ini mampu mengatasi minat belajar peserta didik yang rendah. (3) Pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media question card terhadap minat belajar peserta didik pada penelitian ini menunjukkan hasil positif dan signifikan, didapatkan hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dengan perolehan nilai 74,7 > 51,13 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:51
Last Modified: 29 Mar 2024 01:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20223

Actions (login required)

View Item View Item