Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbantuan Prezi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Solok

Fitriyani, Faiza (0024) Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbantuan Prezi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
1 Cover-Daftar Isi Faiza F.pdf - Published Version

Download (617kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (967kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (535kB)
[img] Text (Full Text)
FULL SKRIPSI FAIZA FITRIYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Faiza Fitriyani, NIM 2014070115, Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbantuan Prezi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Solok, skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik. Di sekolah hanya menggunakan buku paket dan gambar sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran IPAS berbantuan Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIN 1 Solok, mengetahui validitas media pembelajaran IPAS berbantuan Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIN 1 Solok, untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran IPAS berbantuan Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIN 1 Solok, dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran IPAS berbantuan Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIN 1 Solok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikalitas dan soal tes untuk uji efektivitas. Uji validasi media pembelajaran IPAS berbantuan Prezi diberikan kepada validator ahli yang dinilai dari aspek bahasa, materi, media dan validator instrumen. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 18 orang peserta didik kelas IV MIN 1 Solok. Uji efektivitas diberikan kepada 18 orang peserta didik kelas IV MIN 1 Solok. Hasil penelitian ini menunjukkan media pembelajaran IPAS berbantuan Prezi valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada uji validitas, media dinyatakan valid dari segi bahasa, materi dan media dengan rata�rata 93% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media oleh pendidik dan peserta didik diperoleh nilai rata-rata 92,22% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media diperoleh rata-rata 86,44% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPAS berbantuan Prezi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV MIN 1 Solok dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, IPAS, Prezi, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 May 2024 09:35
Last Modified: 17 May 2024 09:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20189

Actions (login required)

View Item View Item