Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran IPAS di SDN 37 Anduring

Ersih, Rahmadani Yuli (2024) Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran IPAS di SDN 37 Anduring. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Daftar Lampiran - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116)
Cover sampai Daftar Lampiran - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116)
BAB I - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (BAB III - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116)
BAB III - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text (BAB V sampai Daftar Pustaka - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116)
BAB V sampai Daftar Pustaka - Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116 - FullText.pdf)
Rahmadani Yuli Ersih - 1814070116 - FullText.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang memperhatikan dan tidak antusias dalam belajar. Peserta didik tidak memperhatikan pendidik disaat proses pembelajaran berlangsung, dimana peserta didik terlihat acuh dan tidak memiliki rasa ingin tahu terhadap apa yang sedang dipelajari. Hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan peserta didik cenderung pasif. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model Project Based Learning(PJBL). Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran IPAS di SDN 37 Anduring. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Postest Control Group Design, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol kelas V SDN 37 Anduring. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B dengan total berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji N-Gain dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 28 dan Ms. Excel. Dari hasil penelitian menunjukkan penerapan model PJBL dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Setelah perlakuan menggunakan model PJBL diperoleh N-Gain score sebesar 80.30 yang termasuk dalam kategori tinggi, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya penerapan PJBL secara efektif dapat meningkatkan minat belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 37 Anduring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:29
Last Modified: 29 Mar 2024 01:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20121

Actions (login required)

View Item View Item