Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di SMP Negeri 11 Padang

sumarni, neti (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (BAB II)
BAB III.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (BAB III)
BAB V SAMPAI PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text (COVER SAMPAI DAFTAR ISI)
COVER SAMPAI DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (TESIS FULLTEX)
TESIS FULLTEX.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis projek penguatan profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia di SMP Negeri 11 padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang melihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman-pengalamannya. pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu; (a) observasi; (b) wawancara; dan (c) dokumentasi. Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu membentuk tim fasilitator yang terdiri dari guru-guru Smp negeri 11 padang beserta stake holder, guru PAI selaku koordinator tema kearifan lokal topik penyelenggaraan jenazah tahap selanjutnya mengidentifikasi kesiapan smp negeri 11 padang ada tiga hal yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila ini yaitu 1) kesiapan dari pihak sekolah yaitu guru-guru beserta stakeholder, 2) kesiapan dari sarana dan prasarana seperti aula, infokus, labor komputer, 3) kesiapan dari pihak luar seperti menghadirkan narasumber (cerdik pandai) sebagai orang yang berpengaruh didaerah tersebut. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila peserta didik bersiat kokurikuler dengan alur aktivitas sekuen yaitu 1) pengenalan 2) kontekstualisasi 3) aksi 4) releksi dimulai dari dalam kelas guru mata pelajaran PAI menjelaskan tentang materi memandikan, mengkaani, mensholatkan dan menguburkan jenazah kemudian peserta didik dikumpulkan di aula guna untuk menyaksikan bagaimana cara memotong kain kafan tersebut, selanjutnya narasumber (cerdik pandai) menjelaskan dan mempraktekkan bagaimana cara memotong, mengukur berapa panjang dan lebar kain kafan serta bagian-bagiannya. Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bersifat sumatif yang mana evaluasi ini berfokus pada hasil pada akhir kegiatan yaitu pada panen raya akhir tahun. Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu membentuk tim fasilitator yang terdiri dari guru-guru Smp negeri 11 padang beserta stake holder, guru PAI selaku koordinator tema kearifan lokal topik penyelenggaraan jenazah tahap selanjutnya mengidentifikasi kesiapan smp negeri 11 padang ada tiga hal yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar pancasila ini yaitu 1) kesiapan dari pihak sekolah yaitu guru-guru beserta stakeholder, 2) kesiapan dari sarana dan prasarana seperti aula, infokus, labor komputer, 3) kesiapan dari pihak luar seperti menghadirkan narasumber (cerdik pandai) sebagai orang yang berpengaruh didaerah tersebut. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila peserta didik bersiat kokurikuler dengan alur aktivitas sekuen yaitu 1) pengenalan 2) kontekstualisasi 3) aksi 4) releksi dimulai dari dalam kelas guru mata pelajaran PAI menjelaskan tentang materi memandikan, mengkaani, mensholatkan dan menguburkan jenazah kemudian peserta didik dikumpulkan di aula guna untuk menyaksikan bagaimana cara memotong kain kafan tersebut, selanjutnya narasumber (cerdik pandai) menjelaskan dan mempraktekkan bagaimana cara memotong, mengukur berapa panjang dan lebar kain kafan serta bagian-bagiannya. Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bersifat sumatif yang mana evaluasi ini berfokus pada hasil pada akhir kegiatan yaitu pada panen raya akhir tahun. 1. menentukan tujuan pembelajaran 2. merancang indikator kemampuan peserta didik 3. menyusun strategi asesmen 4. mengembangkan topik dan alur aktivitas pembelajaran 5. Mengolah asesmen dan menyususn pelaporan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:17
Last Modified: 28 Mar 2024 07:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20089

Actions (login required)

View Item View Item