Agustine, Fadilla Try (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'Alamin (P5PPRA) di Kelas XI MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover sampai Daftar Isi)
LAMPIRAN AWAL FADILA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I FIX.pdf - Published Version Download (721kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III FIX.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (667kB) |
|
Text (Full Text)
Fadilla Try Agustine_Fulltext_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemendikbudristek telah mengeluarkan kebijakan pelaksanaan kurikulummerdeka dalam pembelajaran, yang mana projek profil pelajar pancasila merupakan komponen integral dari kurikulum merdeka. Penguatan profil pelajar Pancasila di lingkungan madrasah diproyeksikan pada dua aspek yaitu Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin. Pada kegiatan P5PPRA ini peserta didik diberikan fasilitas untuk dapat mendemontrasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan nilai-nilai islam untuk di implementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kegiatan ini dapat melahirkan pelajar yang memiliki perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, dan pelajar rahmatan lil’alamin yaitu pelajar yang memiliki ketakwaaan, berakhlak mulia, dan beragama secara moderat. Tujuan penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmtan Lil’Alamin di Kelas XI MAN 1 Solok Plus Keterampilan (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmtan Lil’Alamin di Kelas XI MAN 1 Solok Plus Keterampilan (3) Untuk mengetahui Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmtan Lil’Alamin di Kelas XI MAN 1 Solok Plus Keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, waka kurikulum, tim fasilitator, dan juga peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :1) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin di kelas XI MAN 1 Solok Plus Keterampilan tahun pelajaran 2023/2024 yaitu membentuk tim fasilitator, menentukan tema, dimensi dan alokasi waktu, mengidentifikasi kesiapan madrasah, menyusun modul projek, dan menentukan sistem pelaporan projek.2) Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin di kelas XI MAN 1 Solok Plus Keterampilan tahun pelajaran 2023/2024 pada tahap awal, tahap pengembangan, dan tahap penyimpulan. 3) Evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin di kelas XI MAN 1 Solok Plus Keterampilan tahun pelajaran 2023/2024, ada penilaian diagnostik, formatif, dan sumatif. Kata Kunci : Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil'Alamin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 23:56 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 23:56 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20075 |
Actions (login required)
View Item |