Pengembangan E-modul pada Mata Pelajaran Fikih Madrasah Aliyah Kelas X

Bahri, Arif (2024) Pengembangan E-modul pada Mata Pelajaran Fikih Madrasah Aliyah Kelas X. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover - Daftar isi Terbaru.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 Terbaru.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Terbaru.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 Terbaru.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Text Paling-Paling Baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dari penelitian ini yaitu rendahnya minat peserta didik dalam belajar fikih di MAN 1 Solok Selatan tahun ajaran 2023/2024 merupakan hal yang melatarbelakangi penulisan ini. Proses pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik dikarenakan bahan ajar yang digunakan oleh pendidik masih menggunakan bahan ajar konvensional dan akses peserta didik dalam menggunakan buku-buku pelajaran fikih yang masih terbatas, peserta didik dapat mengakses buku-buku tersebut hanya pada saat jam pelajaran fikih ataupun ketika belajar di perpustakaan madrasah, sehingga kebanyakan peserta didik tidak terlalu aktif dalam proses pembelajaran, dan mengakibatkan menurunnya minat peserta didik dalam belajar fikih. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang ada di MAN 1 Solok Selatan yang semula dalam pembelajaran menggunakan bahan ajar konvensional atau cetak, lalu dikembangkan menjadi bahan ajar elektronik yaitu E-modul agar bisa lebih mudah untuk diakses oleh peserta didik maupun pendidik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar E-modul pada mata pelajaran fikih materi ketentuan kurban dan akikah yang valid dan praktis dan juga dalam pembuatan dan penyusunan E-modul menyesuaikan dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reasearch and Development (R&D). Dengan mengunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Uji validitas media diberikan kepada 3 orang ahli, dari aspek kelayakan materi, media dan bahasa mengunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk diujicobakan kepada 1 orang pendidik MAN 1 Solok Selatan dan 20 orang peserta didik kelas X E. 4 untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar E-modul pada mata pelajaran fikih materi ketentuan kurban dan akikah kelas X di MAN 1 Solok Selatan yang sangat valid dan sangat praktis. Yang dikategorikan dengan uji kevalidan mendapatkan kelayakan materi 87%, media 89% dan bahasa 92% dengan nilai rata-ratanya 89% dikategorikan sangat valid, dan uji kepraktisan kelayakan praktisi pendidik dan praktisi peserta didik persentase rata-rata yang didapatkan 87% dikategorikan sangat praktis. Maka produk bahan ajar E-modul pada mata pelajaran fikih materi ketentuan kurban dan akikah sudah valid dan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Bahan Ajar, E-modul, R&D, ADDIE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, E-modul, R&D, ADDIE.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 23:52
Last Modified: 28 Mar 2024 23:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20070

Actions (login required)

View Item View Item