Penerapan Model Kooperatif Round Robin Brainstorming (RRB) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2023/2024

Putri, Elsaskianila (2024) Penerapan Model Kooperatif Round Robin Brainstorming (RRB) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Abstrak 2_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB II)
BAB III.pdf - Published Version

Download (453kB)
[img] Text (BAB V Dan Pustaka)
BAB V_Pustaka_merged.pdf - Published Version

Download (670kB)
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang membuat nilai Ujian Tengah Semester peserta didik masih banyak dibawah KKM. Selain itu, adanya peserta didik yang beranggapan matematika adalah pembelajaran yang sulit, peserta didik tidak dapat menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, untuk memenuhi tujuan pembelajaran matematika, serta rendahnya disposisi matematis peserta didik dalam penyelesaian soal matematika yang kurang antusias dalam mencari jawaban dari sumber lain, maka terlihat rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan model Round Robin Brainstorming (RRB). Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menerapkan model Round Robin Brainstorming (RRB) agar kemampuan pemahaman konsep peserta didik lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model ekspositori 2) mengetahui disposisi matematis peserta didik yang belajar dengan model kooperatif Round Robin Brainstorming (RRB). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dalam bentuk quasy exsperiment dan rancangannya randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik random sampling digunakan untuk mendapatkan sampel, yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan VIII.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket disposisi matematis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t dan menghitung derajat pencapaian angket dispsosisi. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep peserta didik yaitu kelas eksperimen 80.00 dan kelas kontrol 67.25. Setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan α=0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh t_hitung>t_tabel=(2.49>1.67). Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima. Artinya kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan model pembelajaran Round Robin Brainstorming (RRB) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan model pembelajaran ekspositori. Jadi dapat disimpulkan penggunakan model Round Robin Brainstorming (RRB) dapat 1) meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik lebih tinggi 2) derajat pecapaian dipsosisi matematis peserta didik adalah 85.79% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Round Robin Brainstorming, Kemampuan Pemahaman Konsep, Disposisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 28 Mar 2024 23:46
Last Modified: 28 Mar 2024 23:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item View Item