Pengembangan Modul Elektronik Berbaris Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika

Maisyaroh, Rubia (2024) Pengembangan Modul Elektronik Berbaris Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover-daftar isi Rubia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
SKRIPSI BAB 1 Rubia Maisyaroh 27 Maret 2024.pdf - Published Version

Download (688kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB III Rubia Maisyaroh 27 Maret 2024.pdf - Published Version

Download (558kB)
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI BAB V Rubia Maisyaroh 27 Maret 2024.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi full Rubia Maisyaroh 27 Maret 2024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tuntutan abad 21, diantaranya menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif, namun pada kenyataan dilapangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik Indonesia masih katogori rendah. Adapun penyebabnya adalah penggunaan bahan ajar yang kurang variatif dan tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik yang multitasking. Salah satu upaya untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif adalah dengan mengembangkan e-modul berbasis learning cycle 7e. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: penellitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development of prototype phase) dan tahap penilaian (assesment phase). Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan 2 tahap yaitu: analisis kebutuhan, dan analisis literatur (analisis kurikulum dan analisis bahan ajar). Pada tahap pengembangan prototipe, dilakukan perancangan terhadap e-modul berbasis learning cycle 7e yang terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, bahasa dan konstruksi menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh 2 orang pendidik Fisika di MAN 3 Kota Padang dan 20 orang peserta didik kelas XI IPA 3 untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas dan 20 orang peserta didik untuk melihat keefektifan menggunakas tes soal pada materi kalor dan termodinamika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis learning cycle 7e sangat valid dengan skor rata-rata 90,3% dengan persentase uji kelayakan materi 86%, kelayakan bahasa 92%, dan kelayakan konstruksi 93%. Untuk uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 93,85% dimana praktikalitas oleh pendidik 90% dan peserta didik 92,7%. Tes efektivitas oleh peserta didik dimana indikator berpikir kritis 95,8%, indikator berpikir kreatif 81,25% dengan kategori sangat efektiv. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif untuk peserta didik SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Learning Cycle 7E, Berpikir Kritis, Berpikir kreatif
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:54
Last Modified: 28 Mar 2024 07:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item View Item