Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SDN 18 Rantau Prapat

Ritonga, Abdullah Taufik (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SDN 18 Rantau Prapat. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
cover - daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Abdullah Taufik Rtg 1914070103. BAB I.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (BAB III)
Abdullah Taufik Rtg 1914070103. BAB III.pdf - Published Version

Download (756kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (474kB)
[img] Text (Full Text)
skripsi_taufik_bismillah 1914070103 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abdullah Taufik Ritonga NIM 1914070103. Judul skripsi ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SDN 18 Rantau Prapat. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan keterampilan berbicara para peserta didik yang mana peserta didik masih kesulitan dalam menyampaikan atau memberikan jawaban dengan lisan dari pembelajaran dengan kalimat yang baik dan tepat. Pada umumnya guru masih menggunakan model pembelajaran penugasan/menunjuk peserta didik dan peserta didik masih kesulitan dalam menyimpulkan pembelajaran dengan kalimat yang baik dan tepat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti: penggunaan model pembelajaran, penguatan terhadap peserta didik mengenai penyampaian jawaban secara lisan. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggunkan model Cooperative Tipe Script. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu pertama, mengetahui hasil sebelum penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe Script terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Kedua, mengetahui hasil sesudah penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe Script terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Ketiga, mengetahui pengaruh hasil belajar Cooperative Tipe Script terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B. Pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu (total sampling), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah V A dan kelas kontrol V B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara pada kelas yang menggunakan model Cooperative Tipe Script Pengujian berdasarkan hasil analisis uji-t yang dilakukan pada sofware IMB SPSS versi 25 diperoleh rata-rata sampel pretest eksperimen 66,00 dengan sampel posttest 88,65. Nilai Thitung = 12,764 sehingga nilai df 19 yaitu 1,67, maka Thitung (12,764) > Ttabel (1,67) maka Ho diterima Hi ditolak sedangkan rata-rata sampel pretest control 63,07 dengan sampel posttest 77,21. Nilai Thitung= 6,354 sehingga nilai df 13 yaitu 1,67, maka Thitung (6,354) > Ttabel (1,67). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Tipe Script cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Tipe Script, Keterampilan, Berbicara.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:43
Last Modified: 28 Mar 2024 07:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19906

Actions (login required)

View Item View Item