Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di SMKN 5 Padang

Primuslim, Galang (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di SMKN 5 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER_DAFTAR_ISI)
GALANG_PRIMUSLIM_1714010021_PAI_COVER_DAFTAR_ISI.pdf

Download (624kB)
[img] Text (bab 1)
GALANG_PRIMUSLIM_1714010021_PAI_BAB_I.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (bab 3)
GALANG_PRIMUSLIM_1714010021_PAI_BAB_III.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text
GALANG_PRIMUSLIM_1714010021_PAI_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (full)
GALANG_PRIMUSLIM_1714010021_PAI_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dilatar belakangi karena guru PAI kurang menggunakan strategi yang bervariasi, guru PAI hanya menggunakan strategi ekspositori saja, sehingga menimbulkan minat peserta didik yang ada menjadi kurang untuk mengikuti pembelajaran PAI. Selain itu peserta didik selalu menganggap remeh pelajaran PAI karena bagi mereka pelajaran itu tidak sulit dan selalu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang membuat siswa kurang minat untuk belajar mata pelajaran PAI. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi dan upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKJ di SMKN 5. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKJ di SMKN 5 Padang 2) upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKJ di SMKN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI dan peserta didik kelas XI TKJ. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan :(1)Minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI TKJ SMKN 5 Padang masih rendah dalam mengikuti pembelajaran PAI disebabkan pelajaran PAI menyulitkan bagi siswa karena banyaknya hal yang harus dipahami dan dihafal, seperti hafalan Al-Qur’an dan hadis, bacaan-bacaan dalam ibadah, tanggal - tanggal bersejarah, tempat kejadian, dan tahun-tahun terjadinya peristiwa, serta nama tokoh yang berperan dalam suatu peristiwa sejarah (2) strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKJ di SMKN 5 Padang memilih sterategi yang cocok dan sesuai dengan materi, media, memberikan penguatan, kuis, hukuman, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (3)Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKJ pada pembelajaran PAI di SMKN 5 Padang: a)Memberikan informasi kepada siswa terkait materi pelajaran. b)Menghubungkan bahan pengajaran dengan materi ajar. c) Memberikan reward. d)Melaksanakan pendekatan personal kepada peserta didik sudah dilakukan oleh guru namun, ini masih belum optimal. Kata Kunci: Strategi, Minat belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Minat belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 May 2024 07:52
Last Modified: 21 May 2024 07:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19867

Actions (login required)

View Item View Item