Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Kodular Terhadap Literasi Digital Pada Materi Gelombang Bunyi SMA/MA

Pauzan, Lubis (2024) Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Kodular Terhadap Literasi Digital Pada Materi Gelombang Bunyi SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya berkomunikasi dengan guru, sarana prasarana seperti komputer serta wifi yang berada disekolah, serta kurangnya berpikir kritis dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media interaktif terhadap literasi digital peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kualitas media interaktif terhadap literasi digital peserta didik. Penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah model Plomp. Tahapan pengembangannya adalah preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Pada preliminary research dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan kajian literatur, analisis kebutuhan dan konteks, dan pengembangan kerangka kerja yang menghasilkan desain awal media interaktif. Prototyping phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototype, melakukan evaluasi formatif, dan revisi prototype. Assesment phase dilakukan untuk mendapatkan media interaktif yang praktis melalui uji coba terbatas pada pembelajaran fisika. Data penelitian diperoleh melalui angket praktikalitas terhadap peserta didik dan pendidik MAN 4 Mandailing Natal. Analisis data angket dilakukan secara kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa Media Interaktif Berbantuan Kodular Terhadap Literasi Digital Peserta Didik sangat valid dengan skor rata- rata 88,33% dengan persentase kelayakan materi/isi 86%, kelayakan media 87% dan kelayakan bahasa 92%. Uji kepraktisan produk dengan skor rata rata 92,20 % dengan persentase 1 orang pendidik mendapatkan rata – rata 92% dan peserta didik 92,40%. Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa Media Interaktif Berbantuan Kodular Terhadap Literasi Digital Peserta Didik memenuhi persyaratan dengan kualitas valid dan praktis yang bisa digunakan sebagai bahan ajar pada SMA/MA. Kata Kunci : Media Interaktif; Literasi Digital

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif; Literasi Digital
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:16
Last Modified: 28 Mar 2024 03:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19804

Actions (login required)

View Item View Item