Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Curiosity Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan

Divhiza, Sinthya (2024) Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Curiosity Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Skripsi FullText)
FullText Respository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Cover-daftar isi)
Cover-daftar isi repository.pdf - Published Version

Download (792kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (Bab V- daftar pustaka)
BAB V-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan curiosity peserta didik, terlihat nilai ujian tengah semester peserta didik masih banyak yang di bawah KKM. Peserta didik kesulitan dalam menyatakan ulang sebuah konsep untuk memenuhi tujuan pembelajaran matematika, serta dalam menyelesaikan sebuah soal peserta didik kurang antusias dalam mencari jawaban. Adapun usaha dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar dengan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) di kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan. 2) mengetahui curiosity peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) di kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan rancangan the static comparison rendomized control gruop only design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sutera Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket curiosity. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji-t dan angket dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen adalah 85,79 dan kelas kontrol adalah 77,53. Diperoleh t_tabel = 1,69 dan t_hitung = 2,12 berarti t_hitung > t_tabel, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Untuk angket diperoleh nilai derajat pencapaian curiosity peserta didik adalah 84,77% dengan kriteria sangat baik. Disimpulkan bahwa kemampuan pamahaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung serta curiosity peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dalam kriteria baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GNT, Pemahaman Konsep, Curiosity
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 29 Mar 2024 02:09
Last Modified: 29 Mar 2024 02:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19770

Actions (login required)

View Item View Item