Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Kelas VII MTsN 01 Padang Pariaman

PUTRI, NISA YULIANDA (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Kelas VII MTsN 01 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ITA.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text
BAB 3 ITA.pdf - Published Version

Download (756kB)
[img] Text (BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (842kB)
[img] Text (Fulltext)
ilovepdf_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan studi pendahuluan peserta didik terlihat kurang aktif, masih ada sebagian peserta didik tidak mau bertanya apabila belum memahami materi, serta malu-maluuntuk mengemukakan pendapat disebabkan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional salah satunya metode ceramah. Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk di kelas VII di MTsN 01 Padang Pariaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Galler Walk, keaktifan peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Galler Walk dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan signifikan perbedaan keaktifan peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasi exsperimental) desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent. Sampel penelitian digunakan yaitu peserta didik kelas VII.4 sebagai kelas eskperimen, sedangkan kelas kontrol peserta didik kelas VII.3. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi, agar lebih meyakinkan dan penilaiannya dari berbagai dimensi terwakili. Data analisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian melakukan uji hipotesis, uji sample independent test. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Gallery walk dapat meningkatkan keaktifan peserta didik secara efektif. Rata-rata keaktifan peserta didik kelas eksperimen 153,71 berada pada klasifikasi cukup aktif dan rata-rata keaktifan peserta didik di kelas kontrol yaitu 130,58 berada pada klasifikasi cukup aktif. Uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VII di MTsN 01 Padang Pariaman. Kata Kunci: Model Gallery Walk, Keaktifan, IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Gallery Walk, Keaktifan, IPS
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:56
Last Modified: 28 Mar 2024 02:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19765

Actions (login required)

View Item View Item