“PENERAPAN MODEL SOMATIC-AUDITORY-VISUALIZATION-INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VII SMP IT DAR EL IMAN PADANG TAHUN AJARAN 2022/2023.”

Mufti, Zaki Aulia (2024) “PENERAPAN MODEL SOMATIC-AUDITORY-VISUALIZATION-INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS VII SMP IT DAR EL IMAN PADANG TAHUN AJARAN 2022/2023.”. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Zaki Aulia Mufti, NIM 2120010023. Tesis: “Penerapan Model Somatic-Auditory-Visualization-Intellectually (Savi) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di Kelas VII SMPIT Dar El Iman Padang Tahun Ajaran 2022/2023.”Program studi Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pencapaian hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terjadi karena peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran, sebagian peserta didik masih ada yang kurang dalam termotivasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, kurangnya tanya jawab antar peserta didik serta model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional. Masalah itu terlihat dari masih banyaknya nilai peserta didik di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VII SMPIT Dar El Iman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitiannya menggunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPIT Dar El Iman tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 62 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Ada dua kelas yang menjadi subjek penelitian yaitu kelas VII Makkah sebagai kelas eksperimen dan kelas VII Madinah sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan metode uji-t secara manual maka diperoleh data nilai t_hitung =5,8 > dari nilai t_tabel=1,679. Jadi dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1diterima. Jumlah Peserta tes dikelas eksperimen sebanyak 31 orang dengan rata-rata nilai 89 dan peserta tes dari kelas kontrol sebanyak 31 dengan rata-rata 72. Artinya “Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang menerapkan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru” Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII SMP Dar El Iman dengan taraf signifikan sebesar α=0.05 serta besarnya pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP Dar El Iman adalah 68,43 % yang tergolong baik. Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII SMPIT Dar El Iman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual), Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:49
Last Modified: 27 Mar 2024 07:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19731

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item