Ningsih, Windi Vitria (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTsN 3 Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover- Daftar Isi)
cover-daftar isi windi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
Bab 1 Watermark.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text (BAB III)
Bab 3 watermark.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
bab 5-dapus.pdf - Published Version Download (673kB) |
|
Text (FULL Text)
skripsi full windi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dinamisnya pembelajaran Fikih kelas VII di MTsN 3 Lima Puluh Kota, yang mengakibatkan peserta didik terindikasi tidak bersemangat saat belajar. Permasalahan ini salah satunya disebabkan oleh kurangnya variasi metode dalam pembelajaran Fikih yang dilakukan. Dalam permasalahan ini, harus ada inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik sehingga pembelajaran fikih yang yang dilaksanakan dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar peserta didik. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VII MTsN 3 Lima Puluh Kota (2) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Fikih kelas VII MTsN 3 Lima Puluh Kota (3) untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VII MTsN 3 Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII MTsN 3 Lima Puluh Kota tahun ajaran 2023/2024 sedangkan untuk sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VII. B/2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan berada pada tingkat sedang, dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, motivasi peserta didik berada pada tingkat tinggi. Berdasarkan hasil uji Paired Sampel T-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 sedangkan sig α yaitu 0.05 jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa 0.000 < 0.05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Fikih, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. |
Subjects: | Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Shalat Sunnah U Umum (General) > Ilmu Sosial > Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:51 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19718 |
Actions (login required)
View Item |