Rizalmi, Chairani Putri (2024) Pengaruh Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS kelas IX SMPN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover dll)
cover chairani putri 1914090025.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I 1914090025.pdf - Published Version Download (708kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III 1914090025.pdf - Published Version Download (600kB) |
|
Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
BAB V dan daftar pustaka1914090025.pdf - Published Version Download (308kB) |
|
Text (Fulltext)
fulltext Chairani Putri R1914090025.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih ada siswa yang malu bertanya, kurang percaya diri menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, beberapa siswa kurang aktif saat diberikan pertanyaan. Meskipun tidak semua peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM. Oleh karena itu diperlukan self-efficacy dalam diri siswa, self-efficacy sangat penting dimiliki oleh siswa dalam mengerjakan tugas belajarnya terlebih ketika menghadapi situasi belajar dan pengerjaan tugas diri akademik sebagai keyakinan yang kuat yang dimiliki peserta didik untuk mencapai hasil belajar. Tujuan Penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan self-efficacy siswa pada pembelajaran IPS kelas IX SMPN 1 Padang Panjang. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX SMPN 1 Padang Panjang. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS SMPN 1 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah expost facto, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Padang Panjang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proporsional random sampling jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Self-efficacy siswa kelas IX SMPN 1 Padang Panjang termasuk kategori sedang dengan mean 100.30 yaitu pada skor 83 ≤ X < 117. (2) Hasil Belajar siswa kelas IX SMPN 1 Padang Panjang termasuk dalam kategori sedang dengan mean 80.95 yaitu pada skor 66 ≤ X < 96. (3) Pengaruh self-efficay terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX SMPN 1 Padang Panjang terdapat pengaruh yang signifikan self-effycacy terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Nilai sig. sebesar 0,811. Oleh karena 0,811 > 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan self-efficacy terhadap hasil belajar siswa. Koefien determinasi (R2) 0,200 menunjukkan bahwa presentase sumbangan berpengaruh sebesar 20,0%. Hal ini menunjukkan bahwa 20,0% hasil belajar siswa dipengaruhi self-efficacy. Bentuk umum persamaan regresi yang dibentuk yaitu Y = 40,230 – 0,406 X yang berarti bahwa setiap perubahan satu satuan dari X akan diikuti perubahan Y sebesar 0,406. Dengan demikian dapat dikatakan ada pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IX SMPN 1 Padang Panjang. Kata kunci : Self-Efficacy, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Efficacy, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 03:01 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 03:01 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19708 |
Actions (login required)
View Item |