Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA/MA

Ritonga, Miftahul Jannah (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan Daftar Isi)
Cover dan Daftar Isi - Published Version

Download (814kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I - Published Version

Download (621kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka - Published Version

Download (529kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik yang disebabkan kurang tersedianya LKPD yang berbasis model pembelajaran yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Mengatasi hal tersebut, pendidik harus mampu mengembangkan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, salah satunya dengan mengembangkan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid, dan praktis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik fisika kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary Research), pengembangan prototipe (Development Prototipe Phase), dan tahap penilaian (Assessment Phase). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validitas, angket praktikalitas dan lembar observasi. Uji validitas produk diberikan kepada 3 orang validator ahli yang menilai kelayakan materi, bahasa, dan media. Uji praktikalitas produk diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Dolok Pijorkoling. Uji keterlaksanaan LKPD berbasis Problem Based Learning dalam pembelajaran di berikan kepada 2 orang Observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning sudah valid, dan praktis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika SMA kelas XI. Kevalidan LKPD tersebut mempunyai rata-rata 85% dari segi materi, media dan bahasa dengan ketegori sangat valid. Kepraktisan LKPD tersebut mempunyai nilai rata-rata 90,8% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk tingkat keterlaksanaan LKPD berbasis problem based learning dalam pembelajaran berada dalam kategori “sebagian besar terlaksana” dan Percentages of Agreement berada pada kriteria Good Agreement. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 23:59
Last Modified: 28 Mar 2024 23:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19701

Actions (login required)

View Item View Item