Pembelajaran Al-Qur'an Hadis melalui Metode Qira'ati untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik pada Kelas XI di MAN 1 Payakumbuh

Ainy, Putry Bunga (2024) Pembelajaran Al-Qur'an Hadis melalui Metode Qira'ati untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik pada Kelas XI di MAN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI PUTRY BUNGA AINY)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PUTRY BUNGA AINY)
BAB I PUTRY BUNGA AINY.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text (BAB III PUTRY BUNGA AINY)
BAB III PUTRY BUNGA AINY.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA PUTRY BUNGA AINY)
BAB V - DAPUS PUTRY BUNGA AINY.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT PUTRY BUNGA AINY)
SKRIPSI FULL TEXT PUTRY BUNGA AINY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi metode Qira’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, (2) menganalisis kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas XI di MAN 1 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi langsung yang ditujukan kepada pendidik bidang studi Al-Qur’an Hadis dan beberapa orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh, pertama perencanaan pembelajaran dengan Metode Qira’ati yaitu pendidik telah mengikuti pelatihan terkait metode Qira’ati sebelumnya, kemudian peserta didik diminta untuk membawa Al- Qur’an setiap pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan klasikal yaitu pendidik membacakan ayat terkait materi pembelajaran lalu diikuti oleh seluruh peserta didik, kemudian teknik individual yang mana peserta didik langsung berhadapan dengan pendidik lalu membaca didepan pendidik dan pendidik mengoreksi langsung bacaan tersebut. Kemudian teknik baca simak antara peserta didik yaitu dengan menunjuk mentor yang bertujuan untuk menyimak dan mengoreksi bacaan sesama peserta didik. Dan yang terakhir evaluasi dilakukan dengan mendengarkan kembali bacaan Al- Qur’an peserta didik yang telah dipelajari pada minggu sebelumnya. Kedua, kemampuan membaca Al- Qur’an peserta didik meningkat setelah diterapkannya metode Qira’ati. Peningkatan ini terrlihat ketika sebelum diterapkan metode Qira’ati peserta didik belum mengetahui makharijul huruf. Namun, setelah diterapkannya metode ini, peserta didik fasih dalam melafalkan makhraj huruf. Selain itu, peserta didik yang sebelumnya masih terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an menjadi lancar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode Qira'ati, Kemampuan membaca Al-Qur'an
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Tajwid
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:11
Last Modified: 27 Mar 2024 03:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item View Item