Implementasi Kegiatan Muhadharah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 24 Padang

Husna, Miftahul (2024) Implementasi Kegiatan Muhadharah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI MIFTAHUL HUSNA)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I MIFTAHUL HUSNA)
BAB I MIFTAHUL HUSNA.pdf - Published Version

Download (726kB)
[img] Text (BAB III MIFTAHUL HUSNA)
BAB III MIFTAHUL HUSNA.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA MIFTAHUL HUSNA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA MIFTAHUL HUSNA.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT MIFTAHUL HUSNA)
SKRIPSI FULL TEXT MIFTAHUL HUSNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui perencanaan yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan muhadharah di SMP Negeri 24 Padang; (2) Untuk menjelaskan pelaksanaan yang dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan muhadharah di SMP Negeri 24 Padang; dan (3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat yang dapat mempengaruhi kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan muhadharah di SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari wakil kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, wali kelas, dan juga peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan yang dilakukan sebelum kegiatan muhadharah dilaksanakan di SMP Negeri 24 Padang, yaitu menyiapkan bahan atau materi kegiatan muhadharah, menentukan susunan acara dan pengisi acara, dan pelaksana berlatih sesuai yang telah ditentukan; 2) Pelaksanaan kegiatan muhadharah yang dilakukan di SMP Negeri 24 Padang, yaitu dimulai dari melantunkan Asmaul Husna dan shalawat nabi, MC, pembacaan Kalam Illahi, pidato, tahfidz, tambahan pelajaran, dan ditutup dengan doa. Kegiatan ini dapat menjadikan kedisiplinan peserta didik meningkat dikarenakan peserta didik dituntut untuk dapat mendisiplinkan waktu dan perbuatannya selama kegiatan muhadharah dilaksanakan; dan 3) Faktor penghambat yang dapat mempengaruhi kedisiplinan peserta didik dalam kegiatan muhadharah di SMP Negeri 24 Padang, yaitu faktor di dalam diri, teknologi, pertemanan, keluarga, dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Muhadharah, Kedisiplinan Peserta Didik
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:06
Last Modified: 27 Mar 2024 03:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item