Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Kejujuran dan Kedisiplinan kepada Siswa Kelas lX MTsN 2 Solok

Febriando, Febriando (2024) Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Kejujuran dan Kedisiplinan kepada Siswa Kelas lX MTsN 2 Solok. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover dll)
cover-daftar isi ando fix.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I Fix.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III Fix.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V - Daftar Pustaka Fix.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (Fulltext)
Skripsi full tex ando pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan studi pendahuluan, diketahui guru Akidah Akhlak sudah menginternalisasikan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan kepada siswa. Akan tetapi masih ada siswa yang tidak jujur dalam berkata, tidak jujur dalam berbuat dan tidak disiplin melaksanakan peraturan-peratuan yang diterapkan disekolah. Hal ini disebabkan oleh kontrol diri siswa yang lemah, tidak menerapkan ilmu yang diperoleh dari pembelajaran dan pembiasaan yang diterapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan hambatan guru akidah akhlak dalam menginternalisasikan nilai-nilai spiritual kejujuran dan kedisiplinan. Manfaat penelitian adalah untuk memperkaya keilmuan pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian lapangan. Subjek penelitian adalah guru akidah akhlak dan siswa kelas IX. Sumber primer wawancara langsung dan observasi langsung ke objek penelitian. Sumber data sekunder jurnal, karya ilmiah, penelitian terdahulu, dan buku-buku. Teknik pengumpilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara langsung yang ditujukan kepada beberapa pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu: pertama, strategi guru akidah akhlak dalam menginternalisasikan nilai-nilai kejujuran adalah menggunakan strategi keteladanan(modelling), strategi pembiasaan, strategi pemberian nasihat. Kedua, strategi guru akidah akhlak dalam menginternalisasikan nilai-nilai kedisiplian adalah menggunakan strategi keteladanan(modelling), strategi pembiasaan, strategi pemberian nasihat. Ketiga, faktor penghambat: internal(kontrol diri yang lemah, kemalasan, coba-coba, kurangnya motivasi diri, dan kurang antusiasnya dalam menerima) dan eksternal(pengaruh teman sebaya dan lingkungan yang tidak baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, internalisasi, kejujuran dan kedisiplinan
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:32
Last Modified: 28 Mar 2024 03:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19315

Actions (login required)

View Item View Item