Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Al-Zarnuji di Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Mais Jambur Kec. Tambangan dan Relevansinya dengan Kearifan Lokal Mandailing Natal

Salmi, Khoiriah (2024) Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Al-Zarnuji di Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Mais Jambur Kec. Tambangan dan Relevansinya dengan Kearifan Lokal Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover-Daftar isi khoiriah.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (Fulltext)
full text baru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh praktik pendidikan karakter yang terdapat dalam Kitab Ta'limul Muta'allim di pondok pesantren Darul Ulum Muara Mais Jambur dan bagaimana relevansinya dengan kearifan lokal Mandailing Natal. Karakter adalah hasil dari nilai-nilai yang dianggap sebagai landasan cara berpikir, bersikap, dan bertindak. Salah satu tantangan utama dalam mengintegrasikan pendidikan karakter dari Kitab Ta'limul Muta'allim dengan kearifan lokal Mandailing Natal adalah memahami perbedaan konteks budaya antara pesantren dan masyarakat Mandailing Natal. Selain itu, pendekatan yang tepat perlu ditemukan untuk memastikan bahwa nilai-nilai yang diajarkan dalam Kitab Ta'limul Muta'allim dapat diimplementasikan secara relevan dalam konteks kehidupan masyarakat Mandailing Natal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, untuk mengetahui Nilai-nilai Pendidikan Karakter apa saja yang terkandung dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Al-Zarnuji, Kedua, mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Karakter apa saja yang ada dalam Kearifan Lokal Mandailing Natal, Ketiga, menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan nilai-nilai kearifan Lokal Mandailing Natal dalam implementasinya di Pondok Pesantren Darul Ulum Muara Mais Jambur. Penelitian ini mengambil bentuk (field research) dengan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif, yaitu bertujuan untuk menggambarkan sesuatu apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul diolah menjadi analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kitab Ta'limul Muta'allim mengandung nilai-nilai karakter yang fundamental seperti cinta damai, demokratis, bersahabat/komunikatif dan jujur, yang juga sejalan dengan nilai-nilai yang dianut dalam kearifan lokal Mandailing Natal seperti dalihan na tolu, martahi dan markobar, marsipaingot dan poda na lima pada bagian paias rohamu. Dalam pengimplementasiannya di pondok pesantren Darul Ulum Muara Mais Jambur dilihat dari dua pendekatan yaitu pendekatan moral kognitif dan pendekatan perilaku sosial, dari dua pendekatan ini akan terlihat bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter Ta’limul Muta’allim memiliki relevansi dengan kearifan lokal Mandailing Natal. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Ta’limul Muta’allim, kearifan lokal Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kitab Ta'limul Muta'allim, Kearifan Lokal
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:03
Last Modified: 28 Mar 2024 01:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item View Item