Upaya Guru dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Menurut Umar bin Ahmad Baradja di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur-Maninjau Sumatra Barat

Jasman, Elida (2024) Upaya Guru dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Menurut Umar bin Ahmad Baradja di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur-Maninjau Sumatra Barat. Masters thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
cover sampai daftar isi.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (512kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 Sampai BAB V)
bab 1 sampai bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan Tesis dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh kutipan dari Umar bin Ahmad Baradja, apabila pohon yang ditanam dari kecil dan dibiarkan bengkok batangnya tanpa di rawat, maka pohon itu akan tumbuh dengan batang yang bengkok sampai besar, begitupun dengan akhlak pada anak, jika anak dibiarkan memiliki akhlak yang buruk sedari kecil, maka sampai ia tumbuh besar nanti akhlak buruk akan tetap melekat pada dirinya, oleh karena itu nilai-nilai akhlak harus ditanamkan sedari kecil pada anak. Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang (1) Upaya guru dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak kepada Allah menurut Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab Al-Akhlaq Lil Banin di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, (2) Upaya guru dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak kepada Rasulullah saw menurut Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab Al-Akhlaq Lil Banin di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, (3) Upaya guru dalam mengimplementasikan akhlak Islami santri terhadap orang tua berdasarkan kitab Al-Akhlaq Lil Banin karangan Umar Bin Ahmad Baradja di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, (4) Upaya guru dalam mengimplementasikan akhlak Islami santri terhadap guru berdasarkan kitab Al-Akhlaq Lil Banin karangan Umar Bin Ahmad Baradja di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur. Jenis penelitian ini adalah fenomena yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi dua, yaitu: data primer berupa Kitab Al-Akhlaqu Lil Banin jilid 1, seluruh warga sekolah PPMTI Bayur, yaitu; Pimpinan Pondok, Kepala Sekolah, guru kitab Al-Akhlaqu Lil Banin jilid 1, pendidik, tenaga kependidikan dan siswa menjadi sumber data primer dalam penelitian ini. Dan data sekunder, yakni terdiri dari dokumen-dokumen yang mencakup dokumen data umum, yaitu a) Sejarah berdirinya Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, dan b) visi dan misi Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, serta buku-buku dan data yang memiliki relevansi dan signivikansi dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi atau pengamatan, interview / wawancara, dan studi dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan, pertama, Upaya guru dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak kepada Allah Swt menurut Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab al- akhlaq lil banin di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur di implementasikan dengan kegitan; 1) menyenandungkan bacaan asma’ul husna dilapangan secara bersama-sama dipandu oleh kelas secara bergiliran perharinya, 2) berdo’a pada waktu upacara dipimpin oleh salah seorang santriwan, 3) memulai pembelajaran dikelas dengan membaca do’a dan ayat al-qur’an, 4) sholat 5 waktu berjama’ah bagi santri yang bermukim dan shalat dzuhur berjama’ah untuk seluruh santri, 5) tahfizh dan tadarus al-qur’an, 6) pelaksanaantahtim, 7) gersah (gerakan Sabtu sedekah). Kedua, Upaya guru dalam mengimplementasikan konsep pendidikan akhlak kepada Rasulullah saw menurut Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab al- akhlaq lil banin di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, di implementasikan dengan; 1) kegiatan muhadharah dan khutbah, 2) kegiatan hadrah, 3) kegiatan maulid nabi saw dan isra’ mi’raj. Ketiga, Upaya guru dalam mengimplementasikan akhlak Islami santri terhadap orang tua berdasarkan kitab al- akhlaq lil banin karangan Umar Bin Ahmad Baradja di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur. di implementasikan melalui; 1) mendo’akan kedua orang tua, 2) bersungguh- sungguh dalam belajar, 3) hidup mandiri dan sederhana. Keempat, bahwa Upaya guru dalam mengimplementasikan akhlak Islami santri terhadap guru berdasarkan kitab al- akhlaq lil banin karangan Umar bin Ahmad Baradja di Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Bayur, di implementasikan dengan; 1) berbicara dengan sopan santun dan menjawab salam guru dengan cara berdiri, 2) serta tidak duduk di tempat guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK, UMAR BIN AHMAD BARADJA, PPMTI BAYUR, PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH BAYUR MANINJAU
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:03
Last Modified: 26 Mar 2024 17:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19290

Actions (login required)

View Item View Item