Hubungan Kontrol Diri dengan Kecanduan Bermain Tiktok Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang

Febrina, Yolanda (2024) Hubungan Kontrol Diri dengan Kecanduan Bermain Tiktok Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI (1) (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Yolanda Febrina-1912020113-BKI-BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
Yolanda Febrina-1912020113-BKI-BAB III.pdf - Published Version

Download (717kB)
[img] Text (BAB V)
Yolanda Febrina-1912020113-BKI-BAB V.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Yolanda Febrina.1912020113.fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tiktok merupakan salah satu jenis dari media sosial. Media sosial merupakan salah satu alat komunikasi yang bisa membuat seseorang berinteraksi dengan orang lain. Media sosial telah menjadikan keseluruhan masyarakat global memiliki kesempatan yang sama dan telah mampu mewujudkan kolaborasi manusia tanpa batasan waktu dan tempat, sehingga media sosial dikatakan sebagai alat komunikasi generasi saat ini. Pengguna media sosial secara tidak tepat dan berlebihan dapat mengakibatkan kecanduan yang memberikan dampak negatif baik dari segi kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Setiap individu mempunyai mekanisme yang dapat mengatur dan mengarahkan perilakunya yang disebut kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan bermedia sosial khususnya Tiktok pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis kolerasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dengan jumlah populasi 2.003 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan properti simple random sampling, dengan jumlah sampel 330 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kontrol diri dan skala kecanduan bermedia sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang adalah tinggi (69,1%). Sebanyak 33,3% adalah laki-laki dan 35,8% perempuan. Sedangkan tingkat kecanduan bermedia sosial pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang adalah rendah (53,0%). Laki-laki sebesar 16,7% dan perempuan 36,4%. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan kontrol diri dengan kecanduan bermain Tiktok dengan nilai signifikansi atau nilai koefesien pearson correlation adalah -0,314 yang menunjukkan arah hubungan negatif. Adapun nilai signifikansi adalah 0,001. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya semakin tinggi tingkat kontrol diri maka semakin rendah tingkat kecanduan bermain media sosial (Tiktok).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Kontrol diri, Kecanduan bermedia sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 23 Mar 2024 15:54
Last Modified: 23 Mar 2024 15:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item