Pengaruh Media Animasi 3D Menggunakan Plotagon Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang

Polem, Putri Juli Yastri (2024) Pengaruh Media Animasi 3D Menggunakan Plotagon Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (952kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (535kB)
[img] Text (Full-Text)
FULL-TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah media pembelajaran yang digunakan pendidik kurang bervariasi sehingga mempengaruhi minat belajar peserta didik dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, peserta didikkurang antusias dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karena belum seutuhnya terdapat pengembangan variasi media pembelajaran yang menarik perhatian belajar bagi peserta didik, kurang optimalnya pemanfaatan inovasi media pembelajaran berbasis digital atau teknologi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti karena kurangnya waktu dan kemampuan pendidik untuk membuat dan menerapkan media yang inovatif dan lebih variatif. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan media animasi 3D menggunakan plotagon. Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui minat belajar peserta didik kelas kontrol dengan menerapkan media konvensioanl pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang, untuk mengetahui minat belajar peserta didik kelas eksperimen dengan menerapkan media animasi 3D menggunakan plotagon pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang, dan untuk mengetahui pengaruh penerapan media animasi 3D menggunakan plotagon terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen tipe penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 4 dan kelas kontrol adalah kelas VIII 5 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis SPSS versi 26 menyatakan rata-rata sampel X = 8,187 dengan standar error Sx = 1,542, nilai t_hitung = 5,310 nilai p (t) = 0,000 dan CI Difference Lower sebesar 11,333 dan Upper r = 5,042. Maka t_( hitung) (5,310) > 〖t 〗_tabel (1,669) serta H_0 ditolak dan H_a diterima, hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh animasi 3D menggunakan plotagon terhadap minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas VIII di SMP Negeri 5 Padang. Disimpulkan bahwa minat belajar peserta didik yang menerapkan media animasi 3D menggunakan plotagon lebih baik daripada minat belajar peserta didik yang tidak menerapkan media animasi 3D menggunakan plotagon atau media konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Plotagon, Minat Belajar
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 23 Mar 2024 15:41
Last Modified: 23 Mar 2024 15:41
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18979

Actions (login required)

View Item View Item