Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Agam

Salsabila, Dina (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (688kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (893kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (Dina Salsabila_Fulltext)
Dina Salsabila_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan model Value Clarification Technique pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Agam (2) bagaimana motivasi belajar peserta didik sesudah menggunakan model Value Clarification Technique pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Agam (3) apakah terdapat pengaruh antara model Value Clarification Technique terdapat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk Pre Experimental Design, metode ini diberikan pada satu kelas saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di MAN 2 Agam tahun pelajaran 2023/2024 sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu kelas XI IPK sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah diberi perlakuan mengggunakan model Value Clarification Technique menunjukkan adanya pengaruh. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada SPSS 20, maka diperoleh sig < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan t-hitung > t-tabel yaitu 2878 > 0,355 artinya Ha yang mengatakan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Agam diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Value Clarification Technique, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:38
Last Modified: 22 Mar 2024 01:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item