Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Karakter Peserta didik Melalui Shalat Dzuhur Berjama'ah di SMA Negeri 1 Gunung Talang

Permatasari, Sindy (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Karakter Peserta didik Melalui Shalat Dzuhur Berjama'ah di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (File Cover sampai Daftar Isi)
Sindy Permatasari_2014010002_PAI_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (742kB)
[img] Text (BAB I)
Sindy Permatasari_2014010002_PAI_BAB I.pdf - Published Version

Download (690kB)
[img] Text (BAB III)
Sindy Permatasari_2014010002_PAI_BAB III.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (BAB IV)
Sindy Permatasari_2014010002_PAI_BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text (BAB V sampai DAFTAR ISI)
Sindy Permatasari_2014010002_PAI_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Full Text)
Sindy Permatasari_2014010002_PAI_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih banyak peserta didik kurang pembiasaan kesadaran beribadah dalam melaksanakan shalat, terlihat ketika adzan berkumandang peserta didik tidak langsung bergegas ke Masjid, melainkan lebih asik bercerita dengan teman-temannya di kelas, ada juga yang duduk-duduk di kantin sambil mesen makanan serta bermalas-malasan dalam menunaikan shalat berjama’ah. Sehingga, dengan adanya Pendidikan Agama Islam di sekolah diharapkan peserta didik memiliki kesadaran dalam pembiasaan beribadah dan bisa menunaikan Ibadah shalat sesuai dengan aturan dan kaidah yang diajarkan tanpa disuruh atau dipaksa terlebih dahulu. Selain itu guru SMA Negeri 1 Gunung Talang juga sudah berupaya dalam menanamkan disiplin pembiasaan kesadaran beribadah kepada peserta didik SMA Negeri 1 Gunung Talang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat karakter peserta didik melalui shalat dzuhur berjama’ah di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara langsung yang ditujukan kepada pendidik bidang studi PAI dan beberapa orang peserta didik kelas XII IPS 1 serta Kepala Sekolah/Wakil Kesiswaan SMA Negeri 1 Gunung Talang tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian diperoleh 1) Peran guru pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Karakter Religius peserta didik yaitu guru memberikan keteladanan, memberikan pengetahuan tentang pentingnya shalat serta memberikan reward atau teguran. kepada peserta didik untuk dicontoh. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Kedisiplinan Peserta didik yaitu guru memberikan teguran dan peringatan dan guru memberikan kedisplinan kepada peserta didik yang tidak shalat disekolah. 3) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Karakter Religius dan Kedisiplinan shalat dzuhur berjama’ah, yakni dengan cara mengajak secara lemah lembut sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis dan memberikan pengetahuan tentang pahala shalat berjama’ah serta memberikan nasehat atau motivasi kepada peserta didik untuk ikut serta melaksanakan ibadah shalat secara berjama’ah disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran,Guru PAI,Memperkuat,Karakter.
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:29
Last Modified: 21 Mar 2024 07:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18885

Actions (login required)

View Item View Item