Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fikih Kelas X di MAN 4 Tanah Datar

Nurfadhilah, Nurfadhilah (2024) Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fikih Kelas X di MAN 4 Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
1. File Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (789kB)
[img] Text (BAB III)
3. BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
4. Bab V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (818kB)
[img] Text (Full Text)
NURFADHILAH 2014010076_Fulltext Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fikih peserta didik kelas X di MAN 4 Tanah Datar pada tahun pelajaran 2022/2023 dan penggunaan model pembelajaran oleh guru yang masih monoton merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini dilakukan. Sebanyak 58% peserta didik belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu upaya mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan model learning cycle 7E pada pembelajaran fikih. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 4 Tanah Datar yang menggunakan model learning cycle 7E pada pembelajaran fikih. (2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 4 Tanah Datar yang tidak menggunakan model learning cycle 7E pada pembelajaran fikih. (3) Untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 7E terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fikih kelas X di MAN 4 Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah static group comparison posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di MAN 4 Tanah Datar tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu menggunakan sampel lebih kecil dan bersifat homogen. Berdasarkan pertimbangan tertentu kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X IPS 1 dan kelas kontrol adalah kelas X IPS 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest pada hasil belajar fikih kelas eksperimen adalah 84 dari 20 orang peserta didik, dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan nilai terendahnya 72. Sedangkan rata-rata nilai posttest pada hasil belajar fikih kelas kontrol adalah 72,2 dari 20 orang peserta didik, dengan nilai tertinggi kelas kontrol 92 dan nilai terendahnya 60. Presentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 85%, sedangkan presentase ketuntasan belajar peserta didik kelas kontrol adalah 40%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikansi α dalam dua arah atau signifikan (2-tailed) sebesar 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu, dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat pengaruh model learning cycle 7E terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fikih kelas X di MAN 4 Tanah Datar ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh model learning cycle 7E yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fikih kelas X di MAN 4 Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model pembelajaran, learning cycle 7E, hasil belajar, pembelajaran fikih
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:16
Last Modified: 13 Mar 2024 03:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

View Item View Item