Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas IV MIN 3 Padang

Resti, Resti (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas IV MIN 3 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover-Daftar Isi-1.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (593kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (1).pdf - Published Version

Download (946kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (Fulltext)
Full Text Skripsi Resti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap konsep kalimat thayyibah di kelas IV MIN 3 Padang, (2) Untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran kalimat thayyibah di kelas IV MIN 3 Padang, (3) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep kalimat thayyibah di kelas IV MIN 3 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIN 3 Padang tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekink sampling purposive, yang merupakan teknik sampling yang tidak memberikan peluang yang sama pada setiap anggota populasi untuk dipilih sebagai anggota sampel. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IV A dan kelas kontrol adalah kelas IV D. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test di kelas IV A sebagai kelas eksperimen adalah 71,53 dan nilai post-test nya 87,10. Sedangkan nilai pre-test pada kelas IV D sebagai kelas kontrol adalah 70,13 dan nilai post-test nya adalah 72,89. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 29 diperoleh signifikan yaitu diperoleh sig α sebesar < 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep kalimat thayyibah antara menggunakan model Problem Based Learning dengan tanpa menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan analisis data dan pernyataan di atas dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep kalimat thayyibah di kelas IV MIN 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Kalimat Thayyibah
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:54
Last Modified: 21 Feb 2024 08:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18785

Actions (login required)

View Item View Item