Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MTs Kelas VIII

Sari, Elvira Purnama (2023) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MTs Kelas VIII. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak, Pengesahan, Persetujuan pembimbing, Daftar Isi)
Cover, Abstrak, dan Pengesahan ELVIRA PURNAMA SARI 1714080072.pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (BAB I)
ELVIRA PURNAMA SARI 1714080072 BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (BAB III)
ELVIRA PURNAMA SARI 1714080072 BAB III.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
ELVIRA PURNAMA SARI 1714080072 BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ELVIRA PURNAMA SARI 1714080072 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis lebih baik dari pada penerapan model pembelajaran kooperatif pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi serta Alat Optik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah randomized posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 01 Padang Pariaman. Penentuan sampel melalui cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-2 dan kelas VIII-4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes. Data yang diambil diuji dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas yang menggunakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model discovery learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif. Rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model discovery learning memperoleh nilai 80,71 sedangkan untuk nilai rata-rata mengggunakan model pembelajaran kooperatif memperoleh nilai 75. Hasil analisis uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai thitung 3,880 dan ttabel 1,675. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Artinya kelas yang menerapkan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif pada materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi serta Alat Optik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:33
Last Modified: 06 Feb 2024 02:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item View Item