Pengembangan Modul Elektronik Fisika Terintegrasi Etno-SAINS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif.

Abdullah, Mustapa (2023) Pengembangan Modul Elektronik Fisika Terintegrasi Etno-SAINS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover + daftar isi)
cover + daftar isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (bab 1)
BAB I FIKS.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (bab III)
BAB III FIKS.pdf - Published Version

Download (818kB)
[img] Text (BAB 5 + PUSTAKA)
bab 5 + pustaka.pdf - Published Version

Download (687kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena minimnya penggunaan bahan ajar berbasis teknologi (elektronik) serta rendahnya keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di SMAN 1 Kotanopan, Kab. Mandailing Natal, karena sistem pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan pendekatan dan bahan ajar yang dapat menstimulus peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan tidak mampu mengkonkritkan pelajaran fisika yang dikenal banyak rumus. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi proses pembelajaran tersebut dan mengatasi rendahnya berpikir kritis dan kreatif yaitu menghasilkan modul elektronik fisika Etno-SAINS Tari tor-tor sehingga dapat membantu peserta didik memahami dengan cepat karena Tari Tor-tor sudah dikenal dan tidak asing lagi bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan Modul elektronik fisika Etno-SAINS Tari tor-tor pada materi gerak lurus dan gerak melingkar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Model pengembangan adalah Plomp yang terdiri dari tiga tahap, penelitian pendahuluan (Preliminary research), fase pengembangan atau prototipe (development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam uji validitas modul elektronik diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek isi/materi, media, dan bahasa menggunakan angket validasi. Uji praktikalitas modul elektronik diberikan kepada 2 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Kotanopan untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas. Sedangkan uji efektifitas berupa angket dan soal tes diberikan kepada 15 orang peserta didik kelas X SMAN 1 Kotanopan untuk melihat keefektifan modul elektronik fisika Etno-SAINS pada Tari tor-tor terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hasil penelitian yaitu telah dihasilkan modul elektronik fisika Etno-SAINS Tari tor-tor sangat valid dengan skor rata-rata 86% dengan persentase uji kelayakan isi/materi 85%, kelayakan bahasa 92%, kelayakan konstruksi 80%. Uji kepraktisan produk oleh 2 orang pendidik 92% dan 15 orang peserta didik 87% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan keefektifan produk dikategorikan efektif dengan skor rata-rata 77% dengan persentase angket efektifitas 78% dan untuk soal tes diperoleh skor rata-rata 76%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul elektronik fisika Etno-SAINS Tari tor-tor terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Elektronik, Etno-SAINS, Tari Tor-tor, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif
Subjects: U Umum (General) > Fisika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:23
Last Modified: 06 Feb 2024 06:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item View Item