Anas, Nazifah (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis REACT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islam Terpadu Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang. Doctoral thesis, Program Pascasarjana Program Doktor Pendidikan Islam.
Text (Cover, abstrak, pengesahan)
Cover, abstrak dan pengesahan.pdf - Published Version Download (600kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (339kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (198kB) |
|
Text (Full text)
Disertasi Nazifah Anas Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini: (1)Bagaimana gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang?, (2)Bagaimana desain pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis REACT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang?, (3)Apakah model pembelajaran kontekstual berbasis REACT pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Islam dan Budi Pekerti valid?. Tujuan penelitian : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI BP di SDIT Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang; (2) Mendesain pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis REACT pada mata pelajaran PAI BP Pekerti di SDIT Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang;(3) Menguji validitas model pembelajaran kontekstual berbasis REACT pada mata pelajaran PAI BP Pekerti di SDIT Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang. Jenis penelitian : menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi define, design, develop, and disseminate. Namun penelitian ini hanya sampai kepada tahap develop. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI SDIT sekolah alam Ar-Royyan Kota Padang, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan tulisan-tulisan dari pihak lain baik yang dipublikasikan maupun tidak mengenai masalah yang diteliti. Adapun teknik pengumpul data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: Pertama, gambaran umum pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI BP di SDIT Sekolah Alam Ar-Royyan Kota Padang saat ini dapat sebagai berikut:a) Perencanaan pembelajaran, yaitu guru PAI BP di sekolah alam Ar-Royyan kota Padang membuat perencanaan pembelajaran di awal tahun ajaran baru, b) Pelaksanaan pembelajaran, yaitu dilaksanakan oleh guru berpedoman pada perencanaan yang telah disusun sebelumnya, dengan menggunakan metode yang bervariasi, c) Penilaian, yaitu penilaian yang dilakukan guru mengacu pada sistem penilaian yang ditetapkan oleh sekolah yang terdiri dari tugas mandiri, ujian mid semester dan ujian semester dan masih menekankan penilaian hasil pembelajaran aspek kognitif; Kedua, pengembangan model pembelajaran kontekstual berbasis REACT dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan model four D yang dikembangkan yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop, dissemination. Namun dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan sampai tahap development atau hipotetik dan tidak sampai kepada tahap uji coba karena keterbatasan waktu yang penulis miliki dan jarak yang jauh antara lokasi penelitian dengan tempat dinas penulis.; Ketiga, validitas buku model dan buku guru pembelajaran kontekstual berbasis REACT pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti menunjukkan rerata nilai 4, sedangkan buku siswa memperoleh nilai 4,2 dan termasuk kedalam kategori sangat valid. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, REACT, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual, REACT, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:12 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:12 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18679 |
Actions (login required)
View Item |