Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Metakognisi Siswa pada Materi Integral kelas XI MIPA di SMAN 2 Sungai Limau

Yolanda, Safira (2023) Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Metakognisi Siswa pada Materi Integral kelas XI MIPA di SMAN 2 Sungai Limau. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB I)
Safira Yolanda. NIM 1714040041. BAB I.pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text (BAB III)
Safira Yolanda. NIM 1714040041. BAB III.pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text (BAB V)
Safira Yolanda. NIM 1714040041. BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Fulltext)
Safira Yolanda. NIM 1714040041. fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Cover)
Safira Yolanda. NIM 1714040041. Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini dilarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Sungai Limau. Pentingnya pemahaman konsep harus didukung juga dengan kemampuan peserta didik dalam menerima pembelajaran. Kemampuan ini diperlukan kemampuan metakognisi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang ditinjau dari metakognisi. kemampuan metakognisi ini yang dimungkinkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Subjek pada penelitian ini sebanyak 28 orang peserta didik kelas XI MIPA.4 di SMAN 2 Sungai Limau. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis. Berdasarkan hasil analisis angket metakognisi yang telah diberikan kepada peserta didik, dikelompokkan 6 orang peserta didik dengan 2 orang metakognisi tinggi, 2 orang bermetakognisi sedang, dan 2 orang bermetakognisi rendah. Kemudian dilakukan tes tertulis kepada 6 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metakognisi peserta didik pada tingkat metakognisi tinggi dengan nilai rata-rata 82,49 sudah mampu menguasai indikator pemahaman konsep dengan baik. Pada tingkat metakognisi sedang dengan nilai rata-rata 70,83 dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep peserta didik ini sudah cukup baik, dan pada tingkat metakognisi rendah dengan nilai rata-rata 64,58 dalam kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih kurang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peserta didik pada metakognisi tinggi maka kemampuan pemahaman konsep matematisnya akan baik, sedangkan peserta didik yang bermetakognisi rendah, kemampuan pemahaman konsepnya pada kategori kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Metakognisi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:21
Last Modified: 07 Feb 2024 01:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18655

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item