Pengaruh, Strategi, Modular Instruction, Hasil Belajar Aqidah Akhlak

Nurhayati, Dwi (2023) Pengaruh, Strategi, Modular Instruction, Hasil Belajar Aqidah Akhlak. Skripsi thesis, Tarbiyah dan keguruan.

[img] Text
BAB 1 .pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI .pdf - Published Version

Download (616kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pengaruh Strategi modular instruction terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Thawalib Padang, ditulis oleh Dwi Nurhayati NIM 1714010134 Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian hasil belajar Aqidah Akhlak yang tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran berpusat kepada pendidik. Pendidik aktif menyampaikan materi pelajaran sedangkan peserta didik cenderung pasif. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk melihat pengaruh hasil belajar Aqidah Akhlak menggunakan strategi modular instruction dan tanpa menggunakan strategi modular instruction pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Akhlak Terpuji Kepada Allah kelas VII MTs Thawalib Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Thawalib Padang tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling yang dilakukan dengan cara sampling jenuh. Berdasarkan uji analisis data menggunakan SPSS versi 25, diperoleh hasil belajar Aqidah Akhlak kelas eksperimen dengan rata-rata nilai post test 80,50 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65. Sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai post test 73,75 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 55. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 25 diperoleh signifikan dalam dua sisi (2-tailed) = 0,010, sehingga dapat disimpulkan bahwa (0,010 < 0,05). Oleh karena itu, Hο yang berbunyi tidak dapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan strategi modular instruction dengan tidak menggunakan strategi modular instruction ditolak dan Hα diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan strategi modular instruction dengan tidak menggunakan strategi modular instruction pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Thawalib Padang. Kata kunci: Pengaruh, Strategi, Modular Instruction, Hasil Belajar Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Strategi, Modular Instruction, Hasil Belajar Aqidah Akhlak
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 09:14
Last Modified: 17 Oct 2023 09:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18652

Actions (login required)

View Item View Item